Rangkuman Bab 1 Informatika
BAB I
INFORMATIKA DAN KETERAMPILAN GENERIK
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, sertaprinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan denganpemodelan matematika dan penggunaan komputer untukmenyelesaikan masalah-masalah sains.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan sistem Komputer.
Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakanberpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangkadan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenaisistem dan persoalan.
Saat ini manusia hidup di era digital yang seringdisebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak haldilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesincerdas berbasis computer dan internet. Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Socienty 5.0)karena hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber(maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).
Banyak hal menjadi tidak pasti, persoalan yang dihadapi manusia makin rumit, dan beragam cara untukmelakukan hal yang sama. Dulu orang harus pergi ketoko atau ke pasar untuk berbelanja. Penjual juga harusmempunyai bangunan kios atau toko. Pemilik toko harusmempunyai pegawai. Sekarang orang bisa berbelanjadari rumah, penjual juga tidak perlu mempunyai toko. Pembeli tidak harus mengambil uang di bank untukmembayar barang yang dibeli karena bisa membayardengan uang digital. Segala sesuatu diselesaikan secaraotomatis karena sudah ada robot-robot yang mampumengerjakan pekerjaan rutin yang berulang-ulang. Di masa depan, pasti akan lebih banyak lagi peran teknologidalam kegiatan manusia, mungkin juga akan makinbanyak jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, penciptateknologi itulah yang makin dibutuhkan.
Melalui mata pelajaran Informatika, diharapkan di masa mendatang, kita tidak hanya bisa mempergunakanteknologi computer, tetapi jua tahu kapan teknologi tepatdimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkanjuga tau bagaimana membuat aplikasi teknologi untukmengatasi berbagai persoalan.
Kita akan mempelajari bidang-bidang pengetahuaninformatika, yang dikelompokan menjadi BerpikirKomputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), JaringanKomputer dan Internet (JKI), Analisa Data (AD), Algoritm dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam Bahasa Inggris, bidang itu disebut :Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algortithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).
Untuk meyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang baik pula, dengan ciri-cirisebagai berikut :
Pada bagian ini akan dipelajari tentang informatika yang sering menjadi pertanyaan banyak orang.
Rekaman Kegiatan
Setiap kali melakukan kegiatan harus mencatat kegiatandalam jurnal, membuat catatan, mengerjakan latihan, dan mengisi Lembar Kerja Siswa.
Tujuh aspek praktika informatika sebagai berikut :
Bekerja dalam kelompok akan disimulasikan dalampermainan peran, presentasi akan diberikan praktiknya, sedangkan infografis akan diberikan arahan.
Tugas diberikan untuk dikerjakan dalam kelompok agar dapat berdiskusi dan mengerjakan suatu tuas yang lebihbesar, dibandingkan dengan hanya mengerjakan sendiri. Secara umum tujuan kerja kelompok adalah agar dapatmenyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memupuksemangat bergotong royong.
Aktivitas pemanasan dilakukan untuk memulaibelajar bekerja dalam kelompok. Ada pekerjaan yang jika dikerjakan lebih banyak orang, akan membutuhkanwaktu lebih lama. Oleh karena itu, Strategi membagipekerjaan dalam kelompok harus ditentukan oleh kelompok sebelum dikerjakan. Tujuannya agar tugasdapat dikerjakan dengan lancar. Tugas dibagi rata secara adil walaupun setiap orang tidak mengerjakanhal yang sama. Sebelum mulai bekerja dalamkelompok, semua anggota kelompok perlu menentukanstrategi yang tepat agar tujuan tugas dapat dilakukandengan efisien dan optimal. Untuk tugas tertentu, perluditunjuk coordinator Tim yang akan mengaturkelancaran pekerjaan, dan yang akan memeriksa apakahhasil akhir sudah sesuai dengan yang diharapkan.
Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik, lakukanhal-hal sebagai berikut :
Perencanaan kerja sebelum pekerjaan dilakukanakan bermanfaat bagi tim untuk mengdapatkan hasilyang baik, efektif, dan efisien.
Hasil kerja yang telah kita kembangkan atau dibuatperlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak yang berkepentingan. Komunikasi hasil kerja bisa dilakukandengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuktampilan seperti infografis.
Infografis berisi informasi teks dan gambar ataugrafik lain yang akan mempermudah pembacamenangkap pesan yang dimaksud. Gambar komik ataukartun juga mempermudah orang mengambilkesimpulan. Sebuah infografis mempunyai komponenkonten dan tampilan. Konten dan tampilan akanmenjadikan sebuah infografis menjadi paparan untukmengkom unikasikan hasil yang baik dan berhasil.
Perancangan konten infografis perlu memperhatikanhal berikut :
Dari segi tampilan harus memperhatikan hal berikut :
Laporan tertulis atau sebuah artefak komputasional, yaitu produk yang akan dihasilkan dalam aktivitaspraktik informatika, perlu dijelaskan agar dapat lebihmudah dipahami. Sebuah bahan presentasi yang baikadalah gabungan antara penjelesan murni tekstual dan infografis (jika dipandang per halaman presentasinya). Biasanya, bahan presentasi disampaikan dalamringkasan butir-butir penting dari paparan (power point).
Dari Segi Konten
Dari Segi Tampilan
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukanpresentasi atau paparan lisan :
terima kasih, ajak kawan lainnya memberikan komentar
BalasHapus