Rangkuman Bab 1 Informatika

 BAB I

INFORMATIKA DAN KETERAMPILAN GENERIK

 

A. Informatikan untuk Pelajar SMP
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studiperancangan, dan pembuatan sistem komputasisertaprinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebutKomputasi adalah ilmu yang berkaitan denganpemodelan matematika dan penggunaan komputer untukmenyelesaikan masalah-masalah sains.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan sistem Komputer.

Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakanberpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangkadan proses berpikir yang mencakup perangkat kerasperangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenaisistem dan persoalan.

Saat ini manusia hidup di era digital yang seringdisebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak haldilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesincerdas berbasis computer dan internet. Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Socienty 5.0)karena hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber(maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).

Banyak hal menjadi tidak pastipersoalan yang dihadapi manusia makin rumit, dan beragam cara untukmelakukan hal yang samaDulu orang harus pergi ketoko atau ke pasar untuk berbelanjaPenjual juga harusmempunyai bangunan kios atau toko. Pemilik toko harusmempunyai pegawaiSekarang orang bisa berbelanjadari rumahpenjual juga tidak perlu mempunyai toko. Pembeli tidak harus mengambil uang di bank untukmembayar barang yang dibeli karena bisa membayardengan uang digital. Segala sesuatu diselesaikan secaraotomatis karena sudah ada robot-robot yang mampumengerjakan pekerjaan rutin yang berulang-ulangDi masa depanpasti akan lebih banyak lagi peran teknologidalam kegiatan manusiamungkin juga akan makinbanyak jenis pekerjaan yang hilangSebaliknyapenciptateknologi itulah yang makin dibutuhkan.

Melalui mata pelajaran Informatikadiharapkan di masa mendatangkita tidak hanya bisa mempergunakanteknologi computer, tetapi jua tahu kapan teknologi tepatdimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaanbahkanjuga tau bagaimana membuat aplikasi teknologi untukmengatasi berbagai persoalan.

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

Kita akan mempelajari bidang-bidang pengetahuaninformatika, yang dikelompokan menjadi BerpikirKomputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), JaringanKomputer dan Internet (JKI), Analisa Data (AD), Algoritm dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam Bahasa Inggrisbidang itu disebut :Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algortithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).

3. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

Untuk meyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang baik pula, dengan ciri-cirisebagai berikut :

1. Berimanbertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
2. Berkebinekaan global 
3. Mandiri
4. Bergotong Royong
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
4. Tanya jawab

Pada bagian ini akan dipelajari tentang informatika yang sering menjadi pertanyaan banyak orang.

5. Rencana Kegiatan

 

Rekaman Kegiatan

Setiap kali melakukan kegiatan harus mencatat kegiatandalam jurnalmembuat catatanmengerjakan latihan, dan mengisi Lembar Kerja Siswa.

a. Jurnal Siswa
b. Evaluasi Diri
c. Buku Kerja Siswa

 

B. Pengantar Keterampilan Generik

Tujuh aspek praktika informatika sebagai berikut :

1. Membina budaya kerja masyarakat digital dalam timyang inklusif
2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan temakomputasi
3. Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistemkomputasi
4. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi
5. Mengembangkan artefak komputasimisalnya membuatprogram sederhana untuk menunjang model komputasiyang dibutuhkan di pelajaran lain
6. Mengembangkan rencana pengujianmenguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi
7. mengkomunikasikan suatu proses, fenomena solusi TIK dengan mempresentasikanmemvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual

Bekerja dalam kelompok akan disimulasikan dalampermainan peranpresentasi akan diberikan praktiknyasedangkan infografis akan diberikan arahan.

I. Bekerja Dalam Kelompok

Tugas diberikan untuk dikerjakan dalam kelompok agar dapat berdiskusi dan mengerjakan suatu tuas yang lebihbesardibandingkan dengan hanya mengerjakan sendiriSecara umum tujuan kerja kelompok adalah agar dapatmenyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memupuksemangat bergotong royong.

a. Pemanasan

Aktivitas pemanasan dilakukan untuk memulaibelajar bekerja dalam kelompok. Ada pekerjaan yang jika dikerjakan lebih banyak orang, akan membutuhkanwaktu lebih lama. Oleh karena itu, Strategi membagipekerjaan dalam kelompok harus ditentukan oleh kelompok sebelum dikerjakanTujuannya agar tugasdapat dikerjakan dengan lancarTugas dibagi rata secara adil walaupun setiap orang tidak mengerjakanhal yang samaSebelum mulai bekerja dalamkelompoksemua anggota kelompok perlu menentukanstrategi yang tepat agar tujuan tugas dapat dilakukandengan efisien dan optimal. Untuk tugas tertentuperluditunjuk coordinator Tim yang akan mengaturkelancaran pekerjaan, dan yang akan memeriksa apakahhasil akhir sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisienefektif, dan menghasilkan solusi yang baiklakukanhal-hal sebagai berikut :

1. Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akandicapai kelompok
2. Lakukan pembagian peran dalam kelompok
3. Kerjakan tugas sesuai peran masing-masing
4. Tim harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasilkerja masing-masing
5. Merumuskan kesimpulan dengan berdiskusi
b. Perencanaan kerja kelompok

Perencanaan kerja sebelum pekerjaan dilakukanakan bermanfaat bagi tim untuk mengdapatkan hasilyang baikefektif, dan efisien.

 

II. Mengkomunikasikan hasil Kerja

Hasil kerja yang telah kita kembangkan atau dibuatperlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak yang berkepentinganKomunikasi hasil kerja bisa dilakukandengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuktampilan seperti infografis.

a. Infografis

Infografis berisi informasi teks dan gambar ataugrafik lain yang akan mempermudah pembacamenangkap pesan yang dimaksud. Gambar komik ataukartun juga mempermudah orang mengambilkesimpulanSebuah infografis mempunyai komponenkonten dan tampilanKonten dan tampilan akanmenjadikan sebuah infografis menjadi paparan untukmengkom unikasikan hasil yang baik dan berhasil.

Perancangan konten infografis perlu memperhatikanhal berikut :

1. Tujuan infografis
2. Kepada siapa infografis ditujukan
3. Konten harus benarmasuk akal, dan jelassumbernya

Dari segi tampilan harus memperhatikan hal berikut :

1. Pemilihan kata-kata kunci
2. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya
3. Pemilihan ilustrasi (grarisgambar) yang sesuai
4. Tata warna yang serasi dan sesuai dengan konteks
5. Tata letak yang baik
b. Presentasi

Laporan tertulis atau sebuah artefak komputasionalyaitu produk yang akan dihasilkan dalam aktivitaspraktik informatikaperlu dijelaskan agar dapat lebihmudah dipahamiSebuah bahan presentasi yang baikadalah gabungan antara penjelesan murni tekstual dan infografis (jika dipandang per halaman presentasinya). Biasanyabahan presentasi disampaikan dalamringkasan butir-butir penting dari paparan (power point).

Dari Segi Konten

1. Mengandung bagian penting yang menunjukan alurlogika dari paparan dengan urutan:
a. Ringkasan
b. Latar belakang
c. Paparan utama
d. Penutup/Kesimpulan
2. Ditulis dalam Bahasa yang sesuai dan dalam bentukkata kunci  serta ringkasan teks

Dari Segi Tampilan

1. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat
2. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi
3. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukanpresentasi atau paparan lisan :

1. Siapkan bahan presentasi dengan baik dan menariksesuai waktu yang disediakan.
2. Siapkan alat bantu seperti alat petunjuk (pointers).
3. Perhatikan siapa audiens dan konteks dari presentasikarena akan menentukan gaya Bahasa lisan dan gayabahasa tubuh yang cocok.
4. Menjelaskan produk dengan alur logika yang urutmisalnya mulai dari deskripsi persoalanusulansolusisolusinya, dan kesimpulan.
5. Saat tanya jawab :
a. Jawab dengan ringkas dan tegas sesuaipertanyaan.
b. Jika tidak memahami pertanyaanrangkum dan ulangi dulu untuk klarifikasi.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Jaringan Komputer dan Internet - Nadya (8E) 21

Nadya 7B Labschool

Rangkuman Bab 9 Informatika_Praktika Lintas Bidang Informatika Nadya Safwah 22 7B