Rangkuman Bab 1 INFTK Nadya 8E

 Nadya Safwah Pratistha 21 8E

Informatika dan Pembelajarannya

 

A.     Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

 

Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila, rumusannya, "Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila”.

 

Informatika membantu menyiapkan diri sebagai warga dunia digital (dunia maya melalui internet). Di dunia digital, kita perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, dan mengembangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik.

 

B.     Cara Belajar Informatika

Lima hal utama yang menjadi keunikan cara belajar Informatika:

1.      Materi tentang konsep Informatika

2.      Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

3.      Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

4.      Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

5.      Pentingnya Minat dan Motivasi

 

C.     Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

 

1.      Berpikir Komputasional (BK)

-        Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang ada di dalam aspek Informatika (Algoritma, optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data).

 

2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

-        Pembuatan karya digital

-        Berkomunikasi via surel

-        Menggunakan peramban untuk mencari informasi

-        Mengelola file dalam folder

 

3.      Sistem Komputer (SK)

-        Definisi komputer

-        Komputasi dan system komputasi

-        Bagian-bagian utama komputer dan fungsinya

-        Interaksi perangkat keras dan lunak dengan piranti lain yang terhubung

 

4.      Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

-        Pengantar jaringan komputer dan internet

-        Proteksi data dan file

-        Koneksi internet

 

5.      Analisis Data (AD)

-        Pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu

-        Merasakan betapa praktisnya mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi (jika tools-nya tersedia)

 

6.      Algoritma dan Pemrograman (AP)

-        Membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok-blok visual

 

7.      Dampak Sosial Informatika (DSI)

-        Sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negative Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari

 

8.      Praktika Lintas Bidang Informatika (PLBI)

-        Belajar dengan teman-teman untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari pada bab-bab lain

 

D.     Apa Yang Akan Kita Pelajari Di Kelas VIII?

 

1.      Berpikir Komputasional (BK)

-        Fungsi

-        Algoritma dengan kasus yang lebih kompleks

-        Representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan)

-        Struktur data stack (tumpukan)

-        Latihan berpikir komputasional di buku

 

2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

-        Memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi

-        Menghasilkan dokumen yang lebih kompleks

-        Merangkum bacaan digital

 

3.      Sistem Komputer (SK)

-        Fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori

-        Bagian dalam komputer

-        Komponen komputer

 

4.      Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

-        Teknologi komunikasi pada telepon seluler

-        Jaringan local dan internet

-        Proteksi data di Internet

-        Routing pada jaringan komputer

 

5.      Analisis Data (AD)

Belajar lebih dalam mengenai:

-        Pengelolaan data

-        Pencarian data

-        Peringkasan data

-        Visualisasi data

 

6.      Algoritma dan Pemrograman (AP)

-        Pemrograman menggunakan dua Bahasa pemograman visual (Scratchy dan Blockly)

 

7.      Dampak Sosial Informatika (DSI)

-        Media social

-        Cyberbullying

-        Pengkajian informasi secara kritis

 

8.      Praktika Lintas Bidang (PLB)

-        Belajar bekerja sama dalam kelompok

-        Bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari pada bab-bab lain

 

E.      Apa Harapan Guru?

 

1.      Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari

 

2.      Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu perkantoran

 

3.      Memahami sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang umum digunakan dalam Informatika, berbagai proses logika dalam sistem komputer

 

4.      Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan komputer dan internet

 

5.      Mendefiniskan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari data tersebut

 

6.      Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut

7.      Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya

 

8.      Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah disebut di atas

 

 

F.      Pemaknaan dan Kualitas Hasil Belajar

 

Hasil belajar informatika perlu dimunculkan menjadi computational artifact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer, atau lainnya.

 

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan karena merupakan aspek penilaian computational artefact yang akan kalian hasilkan:

 

1.      Dalam menjawab soal

2.      Dalam pembuatan program

3.      Dalam pembuatan artefak komputasional

4.      Dalam eksplorasi perkakas komputasi tertentu

Selain mengenai beraktivitas secara perseorangan, jika kalian bekerja dengan kelompok, ada juga nilai yang diambil berdasarkan dinamika kelompok kalian. Beberapa komponen penilaiannya adalah proses pembagian peran, pembagian kerja antara anggota kelompok, dan kemampuan komunikasi antaranggota tim, serta keaktifan kalian dalam berdinamika dalam kelompok.

 

G.     Refleksi dan Rencana Kegiatan

 

Selama dua semester, kalian akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang akan disampaikan oleh guru. Kegiatan tersebut urutannya akan ditentukan oleh guru dan bukan oleh urutan dalam buku ini karena bahan dalam buku ini memang sengaja dibuat lebih banyak, dan tidak semuanya akan dibahas di kelas.

Sebelum belajar tentang Informatika, ada beberapa kemampuan umum yang akan dipakai sepanjang pembelajaran yang penting untuk kalian kenal dan alami lebih dulu, antara lain bagaimana belajar dan bekerja dalam kelompok serta bagaimana mengomunikasikan hasil kerja dengan baik. Dua hal ini telah disimulasikan di kelas VII, dan diharapkan tetap dapat kalian praktikkan dengan makin baik di kelas VIII.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Jaringan Komputer dan Internet - Nadya (8E) 21

Nadya 7B Labschool

Rangkuman Bab 9 Informatika_Praktika Lintas Bidang Informatika Nadya Safwah 22 7B