Rangkuman Bab 1 INFTK Nadya 8E
Nadya Safwah Pratistha 21 8E
Informatika dan
Pembelajarannya
A.
Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan
untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila, rumusannya, "Pelajar Indonesia
merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global
dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila”.
Informatika
membantu menyiapkan diri sebagai warga dunia digital (dunia maya melalui
internet). Di dunia
digital, kita perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, dan mengembangun
kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik.
B. Cara
Belajar Informatika
Lima hal utama yang menjadi keunikan
cara belajar Informatika:
1.
Materi tentang konsep Informatika
2.
Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
3.
Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
4.
Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
5.
Pentingnya Minat dan Motivasi
C. Kilas
Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII
1.
Berpikir Komputasional (BK)
-
Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari yang ada di dalam aspek Informatika (Algoritma,
optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data).
2.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
-
Pembuatan karya digital
-
Berkomunikasi via surel
-
Menggunakan peramban untuk mencari informasi
-
Mengelola file
dalam folder
3.
Sistem Komputer (SK)
-
Definisi komputer
-
Komputasi dan system komputasi
-
Bagian-bagian utama komputer dan fungsinya
-
Interaksi perangkat keras dan lunak dengan
piranti lain yang terhubung
4.
Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
-
Pengantar jaringan komputer dan internet
-
Proteksi data dan file
-
Koneksi internet
5.
Analisis Data (AD)
-
Pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil
untuk tujuan tertentu
-
Merasakan betapa praktisnya mengolah dan
memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi (jika tools-nya tersedia)
6.
Algoritma dan Pemrograman (AP)
-
Membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun
dan merangkai blok-blok visual
7.
Dampak Sosial Informatika (DSI)
-
Sejarah perkembangan, peranan, dan dampak
positif maupun negative Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari
8.
Praktika Lintas Bidang Informatika (PLBI)
-
Belajar dengan teman-teman untuk membuat karya
dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari
pada bab-bab lain
D. Apa
Yang Akan Kita Pelajari Di Kelas VIII?
1.
Berpikir Komputasional (BK)
-
Fungsi
-
Algoritma dengan kasus yang lebih kompleks
-
Representasi data (khususnya mengenai himpunan,
logika, dan representasi bilangan)
-
Struktur data stack (tumpukan)
-
Latihan berpikir komputasional di buku
2.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
-
Memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah
lembar kerja, dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi
-
Menghasilkan dokumen yang lebih kompleks
-
Merangkum bacaan digital
3.
Sistem Komputer (SK)
-
Fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU,
dan pengalamatan memori
-
Bagian dalam komputer
-
Komponen komputer
4.
Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
-
Teknologi komunikasi pada telepon seluler
-
Jaringan local dan internet
-
Proteksi data di Internet
-
Routing
pada jaringan komputer
5.
Analisis Data (AD)
Belajar lebih dalam mengenai:
-
Pengelolaan data
-
Pencarian data
-
Peringkasan data
-
Visualisasi data
6.
Algoritma dan Pemrograman (AP)
-
Pemrograman menggunakan dua Bahasa pemograman
visual (Scratchy dan Blockly)
7.
Dampak Sosial Informatika (DSI)
-
Media social
-
Cyberbullying
-
Pengkajian informasi secara kritis
8.
Praktika Lintas Bidang (PLB)
-
Belajar bekerja sama dalam kelompok
-
Bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari pada
bab-bab lain
E. Apa
Harapan Guru?
1.
Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan
persoalan-persoalan sehari-hari
2.
Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang
menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu perkantoran
3.
Memahami sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang umum
digunakan dalam Informatika, berbagai proses logika dalam sistem komputer
4.
Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer
lainnya melalui jaringan komputer dan internet
5.
Mendefiniskan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data
bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat
dari data tersebut
6.
Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual
dan menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut
7.
Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang
ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya
8.
Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi
atas suatu persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah disebut
di atas
F. Pemaknaan
dan Kualitas Hasil Belajar
Hasil belajar informatika perlu dimunculkan menjadi
computational artifact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa
ungkapan lisan, laporan, program komputer, atau lainnya.
Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan karena merupakan
aspek penilaian computational artefact yang akan kalian hasilkan:
1. Dalam menjawab soal
2. Dalam pembuatan program
3. Dalam pembuatan artefak komputasional
4. Dalam eksplorasi perkakas komputasi
tertentu
Selain mengenai beraktivitas
secara perseorangan, jika kalian bekerja dengan kelompok, ada juga nilai yang
diambil berdasarkan dinamika kelompok kalian. Beberapa komponen penilaiannya
adalah proses pembagian peran, pembagian kerja antara anggota kelompok, dan
kemampuan komunikasi antaranggota tim, serta keaktifan kalian dalam berdinamika
dalam kelompok.
G. Refleksi
dan Rencana Kegiatan
Selama dua semester, kalian akan melaksanakan
serangkaian kegiatan yang akan disampaikan oleh guru. Kegiatan tersebut
urutannya akan ditentukan oleh guru dan bukan oleh urutan dalam buku ini karena
bahan dalam buku ini memang sengaja dibuat lebih banyak, dan tidak semuanya
akan dibahas di kelas.
Sebelum belajar tentang Informatika, ada beberapa
kemampuan umum yang akan dipakai sepanjang pembelajaran yang penting untuk
kalian kenal dan alami lebih dulu, antara lain bagaimana belajar dan bekerja
dalam kelompok serta bagaimana mengomunikasikan hasil kerja dengan baik. Dua
hal ini telah disimulasikan di kelas VII, dan diharapkan tetap dapat kalian
praktikkan dengan makin baik di kelas VIII.
terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik.
BalasHapus