Rangkuman Bab 9 Informatika_Praktika Lintas Bidang Informatika Nadya Safwah 22 7B
PRAKTIKA LINTAS
BIDANG INFORMATIKA
NADYA SAFWAH PRATISTHA 22 7B
ARTEFAK KOMPUTASIONAL= OBJEK YANG DICIPTAKAN SEBAGAI
HASIL BERPIKIR KOMPUTASIONAL
+ARTEFAK KOMPUTASIONAL DIKEMBANGKAN MELALUI
PROSES KREATIF MENGGUNAKAN PERKAKAS DAN TEKNIK KOMPUTASI UNTUK MENYELESAIKAN
MASALAH TERTENTU
+PROSES PENGEMBANGAN ARTEFAK KOMPUTASIONAL
MELALUI PROSES ITERATIF YANG MERELEKSIKAN IDE DAN KREATIFITAS PENCIPTANYA UNTUK
MEMBUAT SESUATU MENJADI LEBIH EFEKTIF, EFISIEN, INDAH, MENARIK, DLL.
+TOOLS
DIBANTU DENGAN PENGGUNAAN TOOLS
PENGEMBANGAN SEPERTI SOFTWARE INTREGRATED DEVELOPMENT TOOLS (IDE), APLIKASI
PERKANTORAN, 3D DRAWING, PRINTING, DLL.
ARTEFAK KOMPUTASIONAL DAPAT DIKEMBANGKAN
BERSAMA-SAMA DENGAN SEMANGAT GOTONG ROYONG DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS KOLABORASI
SEPERTI:
- -ROBOT
- -DRONE
- -MOBIL OTONOM
- -TIKTOK
- -TWITTER
- -TOKOPEDIA
- -GOJEK
- -E-COMMERCE
- -TELE-MEDICINE
-
DLL.
1.
STARTER MAKEY-MAKEY
MAKEY-MAKEY ADALAH PAPAN
SIRKUIT ELEKTRONIS YANG DITEMUKAN OLEH ERIC ROSENBUM DAN JAY SILVER.
+ MEREKA PERCAYA BAHWA
SETIAP ORANG PADA HAKEKATNYA KREATIF, INOVATIF, IMAJINATIF, SERTA DAPAT
MENCIPTAKAN MASA DEPAN DAN MENGUBAH DUNIA.
A. NAMA MAKEY-MAKEY
DIAMBIL DARI KATA “MAKE” (MEMBUAT) DAN
“KEY” (KUNCI/TOMBOL). “MAKE ANYTHING INTO KEYBOARD.”
B. CONTOH KREASI MAKEY-MAKEY
DENGAN MAKEY-MAKEY KITA DAPAT MEMBUAT
KREASI YANG TIDAK TERBATAS, SEPERTI CONTROLLER UNTUK PERMAINAN SCRATCH YANG
DAPAT DI MODIFIKASI SEBANYAK-BANYAK MUNGKIN.
C. MEMBUAT MAKEY-MAKEY
KITA DAPAT MEMBUAT ALAT MASUKAN KE KOMPUTER
DARI BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA YANG BERSIFAT KONDUKTOR SEBAGAI ALAT MASUKAN
KE KOMPUTER SEPERTI KEYBOARD.
2. PEMANASAN UNTUK BERMAIN DENGAN RANGKAIAN ELEKTRONIS DAN MAKEY-MAKEY
BAHAN-BAHAN
- -PAPAN
SIRKUIT ELEKTRONIS MAKEY-MAKEY
- -KABEL DAN
KLIP BUAYA
- -COPPER
TAPE
- -KARTON
- -LAMPU LED
DIODA KECIL
- -BATERI
BULAT 3.6 V
- -ALUMUNIUM
FOIL
LANGKAH-LANGKAH
- BUATLAH TEMPLATE DARI KARTON UNTUK RANGKAIAN ELEKTRONIS
BERIKUT, DAN RANGKAILAH.
- TEMPELKAN COPPER TAPE PADA SEPANJANG GARIS YANG TELAH
DISEDIAKAN DI TEMPLATE/KARTON.
- LEKATKAN LAMPU LED DIODE PADA JALUR COPPER TAPE, TANDA (+)
UNTUK KAKI PANJANG LED DAN TANDA (-) UNTUK KAKI PENDEK LED.
- LETAKKAN BATERAI PADA POLA BULAT, TANDA + DISESUAIKAN
DENGAN SISI + BATERAI.
- LIPAT KARTON SESUAI DENGAN TANDA LIPATAN, TEKAN LIPATAN,
DAN LAMPU LED AKAN MENYALA.
- MAINKAN LIPATAN KARTON DENGAN MENEKAN DAN MELEPAS LIPATAN
DAN LAMPU DAN LED AKAN MENYALA DAN PADAM.
3. BAGIAN
DARI MAKEY-MAKEY
LUBANG BUKAN GROUND DI
BAGIAN DEPAN TERSEBUT DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGGANTIKAN TOMBOL PANAH ATAS,
PANAH KIRI, PANAH BAWAH, PANAH KANAN, SPASI, DAN KLIK. LUBANG TERSEBUT DAPAT
DIHUBUNGKAN DENGAN KLIP BUAYA.
A. BAGIAN DEPAN
- -PANAH
(ATAS, BAWAH, KANAN, KIRI)
- -SPASI/SPACE
- -MOUSE
LEFT CLICK/KLIK
B. BAGIAN BELAKANG
PAPAN MAKEY MAKEY MEMILIKI 12 MASUKAN
LAINNYA DI BAGIAN BELAKANG, 6 UNTUK TOMBOL KEYBOARD, DAN 6 UNTUK GERAKAN MOUSE,
YANG DAPAT DIAKSES DENGAN JUMPER/KABEL BANTUAN.
- - USB
CONNECTOR (MINI-B)
- -KEYBOARD
(W, A, S, D, F, G)
- -MOUSE
(UP, DOWN, RIGHT, LEFT CLICK, RIGHT CLICK)
- -KEYBOARD
LEDS
- -MOUSE
LEDS
- -EARTH
(GROUND)
- -OUTPUT/EXPANSION
HEADER (D14, D16, 5V, GND, RESEL, D15)
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
BalasHapus