Rangkuman Bab 9 Informatika_Praktika Lintas Bidang Informatika Nadya Safwah 22 7B

 

PRAKTIKA LINTAS BIDANG INFORMATIKA

NADYA SAFWAH PRATISTHA 22 7B

 

 

ARTEFAK KOMPUTASIONAL= OBJEK YANG DICIPTAKAN SEBAGAI HASIL BERPIKIR KOMPUTASIONAL

 

+ARTEFAK KOMPUTASIONAL DIKEMBANGKAN MELALUI PROSES KREATIF MENGGUNAKAN PERKAKAS DAN TEKNIK KOMPUTASI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH TERTENTU

+PROSES PENGEMBANGAN ARTEFAK KOMPUTASIONAL MELALUI PROSES ITERATIF YANG MERELEKSIKAN IDE DAN KREATIFITAS PENCIPTANYA UNTUK MEMBUAT SESUATU MENJADI LEBIH EFEKTIF, EFISIEN, INDAH, MENARIK, DLL.

 

+TOOLS

DIBANTU DENGAN PENGGUNAAN TOOLS PENGEMBANGAN SEPERTI SOFTWARE INTREGRATED DEVELOPMENT TOOLS (IDE), APLIKASI PERKANTORAN, 3D DRAWING, PRINTING, DLL.

 

ARTEFAK KOMPUTASIONAL DAPAT DIKEMBANGKAN BERSAMA-SAMA DENGAN SEMANGAT GOTONG ROYONG DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS KOLABORASI SEPERTI:

-        -ROBOT

-        -DRONE

-        -MOBIL OTONOM

-        -TIKTOK

-        -TWITTER

-        -TOKOPEDIA

-        -GOJEK

-        -E-COMMERCE

-        -TELE-MEDICINE

-        DLL.

 

1.    STARTER MAKEY-MAKEY

MAKEY-MAKEY ADALAH PAPAN SIRKUIT ELEKTRONIS YANG DITEMUKAN OLEH ERIC ROSENBUM DAN JAY SILVER.

+ MEREKA PERCAYA BAHWA SETIAP ORANG PADA HAKEKATNYA KREATIF, INOVATIF, IMAJINATIF, SERTA DAPAT MENCIPTAKAN MASA DEPAN DAN MENGUBAH DUNIA.

 

A.     NAMA MAKEY-MAKEY

DIAMBIL DARI KATA “MAKE” (MEMBUAT) DAN “KEY” (KUNCI/TOMBOL). “MAKE ANYTHING INTO KEYBOARD.”

 

B.     CONTOH KREASI MAKEY-MAKEY

DENGAN MAKEY-MAKEY KITA DAPAT MEMBUAT KREASI YANG TIDAK TERBATAS, SEPERTI CONTROLLER UNTUK PERMAINAN SCRATCH YANG DAPAT DI MODIFIKASI SEBANYAK-BANYAK MUNGKIN.

 

C.     MEMBUAT MAKEY-MAKEY

KITA DAPAT MEMBUAT ALAT MASUKAN KE KOMPUTER DARI BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA YANG BERSIFAT KONDUKTOR SEBAGAI ALAT MASUKAN KE KOMPUTER SEPERTI KEYBOARD.

 

 

2.    PEMANASAN UNTUK BERMAIN DENGAN RANGKAIAN ELEKTRONIS DAN MAKEY-MAKEY

 

BAHAN-BAHAN

-        -PAPAN SIRKUIT ELEKTRONIS MAKEY-MAKEY

-        -KABEL DAN KLIP BUAYA

-        -COPPER TAPE

-        -KARTON

-        -LAMPU LED DIODA KECIL

-        -BATERI BULAT 3.6 V

-        -ALUMUNIUM FOIL

 

LANGKAH-LANGKAH

  1. BUATLAH TEMPLATE DARI KARTON UNTUK RANGKAIAN ELEKTRONIS BERIKUT, DAN RANGKAILAH.
  2. TEMPELKAN COPPER TAPE PADA SEPANJANG GARIS YANG TELAH DISEDIAKAN DI TEMPLATE/KARTON.
  3. LEKATKAN LAMPU LED DIODE PADA JALUR COPPER TAPE, TANDA (+) UNTUK KAKI PANJANG LED DAN TANDA (-) UNTUK KAKI PENDEK LED.
  4. LETAKKAN BATERAI PADA POLA BULAT, TANDA + DISESUAIKAN DENGAN SISI + BATERAI.
  5. LIPAT KARTON SESUAI DENGAN TANDA LIPATAN, TEKAN LIPATAN, DAN LAMPU LED AKAN MENYALA.
  6. MAINKAN LIPATAN KARTON DENGAN MENEKAN DAN MELEPAS LIPATAN DAN LAMPU DAN LED AKAN MENYALA DAN PADAM.

 

3.    BAGIAN DARI MAKEY-MAKEY

 

LUBANG BUKAN GROUND DI BAGIAN DEPAN TERSEBUT DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGGANTIKAN TOMBOL PANAH ATAS, PANAH KIRI, PANAH BAWAH, PANAH KANAN, SPASI, DAN KLIK. LUBANG TERSEBUT DAPAT DIHUBUNGKAN DENGAN KLIP BUAYA.

 

A.     BAGIAN DEPAN

 



 

 

 

-        -PANAH (ATAS, BAWAH, KANAN, KIRI)

-        -SPASI/SPACE

-        -MOUSE LEFT CLICK/KLIK

 

B.     BAGIAN BELAKANG

PAPAN MAKEY MAKEY MEMILIKI 12 MASUKAN LAINNYA DI BAGIAN BELAKANG, 6 UNTUK TOMBOL KEYBOARD, DAN 6 UNTUK GERAKAN MOUSE, YANG DAPAT DIAKSES DENGAN JUMPER/KABEL BANTUAN.



 

 

-       - USB CONNECTOR (MINI-B)

-        -KEYBOARD (W, A, S, D, F, G)

-        -MOUSE (UP, DOWN, RIGHT, LEFT CLICK, RIGHT CLICK)

-        -KEYBOARD LEDS

-        -MOUSE LEDS

-        -EARTH (GROUND)

-        -OUTPUT/EXPANSION HEADER (D14, D16, 5V, GND, RESEL, D15)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadya 7B Labschool

Remedial STS Informatika - Nadya (21) 8E

RANGKUMAN INFTK 3